Ini Dia Penyebab HP Tidak Bisa Di Cas


Sebagian besar smartphone telah mengembangkan peningkatan kapasitas baterai, termasuk dukungan untuk teknologi pengisian baterai berkecepatan tinggi. Karena dalam kebanyakan kasus, baterai smartphone biasanya akan bertahan selama sekitar 1 hari atau bahkan mungkin tidak dapat melewati waktu 1 hari jika sering digunakan. Dan yang terpenting, sebagian besar baterai smartphone saat ini tidak dapat dilepaskan sendiri untuk mengganti baterai jika mengalami masalah. Itu berarti smartphone yang digunakan dalam waktu lama, kita akan menghadapi masalah yang berhubungan dengan baterai, kemungkinan baterai lebih cepat terkuras. Proses pengecasan atau mengisi daya menjadi lebih lambat atau bahkan ke satu titik HP tidak bisa di cas mungkin saja terjadi. Bisa dikatakan baterai tidak dapat di cas, namun sebenarnya masih berfungsi. Permasalah tentang baterai ini terjadi karena berbagai alasan. Hari ini kita akan melihat penyebab baterai terasa lama di cas, baterai mudah terkuras atau HP tidak bisa di cas, beserta solusi untuk menghadapinya.
Image by StockSnap from Pixabay 
1. Kabel cas bermasalah
Jika terjadi masalah dengan pengecasan baterai maka tersangka utamanya adalah kabel pengisian daya atau kabel charger. Karena itu, jika terjadi masalah, hal pertama yang harus kita periksa terlebih dahulu adalah apakah kabel charger yang kita gunakan masih dalam kondisi baik dan lengkap atau tidak. Karena kenyataannya, kabel charger adalah perangkat yang paling mudah rusak, terutama di area kabel charger yang membungkus kabel yang sering robek. Kadang-kadang kita harus menyelesaikan masalah awal ini dengan membungkusnya dengan isolasi dan kemudian menggunakannya. Atau mungkin area port Micro USB yang sering rusak karena sering dicolokkan. Oleh karena itu, jika terjadi masalah dengan pengecasan baterai, coba ganti charger terlebih dahulu. Namun disarankan untuk menggunakan kabel charger atau menggunakan kabel original karena meskipun lebih mahal, namun lebih berkualitas dan lebih aman digunakan.

2. Soket untuk pegecasan baterai kotor
Soket ini bisa dikatakan sebagai tempat berlindung, karena kita kadang-kadang tidak berpikir proses pengisian daya baterai bukan disebabkan debu atau penyumbatan kotoran pada slot. Karena kita harus menyimpan ponsel di saku celana atau di dalam tas, kemungkinan masuknya debu atau kotoran bisa saja terjadi. Untuk itu, mari kita lihat kompartemen baterai untuk melihat adanya kotoran di bagian colokannya. Karena kotoran ini akan menghalangi listrik dari kepala charging masuk ke dalam ponsel. Dan jika terdapat sumbatan kotoran, gunakan tusuk gigi untuk menggosoknya dengan lembut untuk membersihkan kotoran.

3. Pemasok daya tidak mencukupi
Terkadang kita cenderung mengecas baterai dengan menghubungkannya langsung dari laptop atau komputer. Tentu saja, proses pengisian baterai menjadi lebih lambat dibandingkan dengan menghubungkan langsung dari stop kontak listrik atau mungkin mengisinya dengan wireless charging yang disebut pengisian nirkabel, Meskipun wireless charging adalah teknologi pengisian cepat, tetapi masih lebih lambat dibandingkan menghubungkan langsung dengan stop kontak listrik. Untuk itu , jika pengecasan baterai menjadi lebih lambat dari biasanya, coba lah untuk mencolokkan charger langsung ke soket atau stop kontak listrik. Namun jika proses tersebut masih juga sangat lambat, Anda perlu mencari alasan lainnya.

4.Konektor USB Rusak
Saat baterai di cas berulang kali, sering kali dicolokkan dan dicabut kembali, hal ini menyebabkan gesekan antara pelat logam kecil di port USB dan bagian atas konektor kabel pengisian daya. Lebih jauh lagi mungkin ponsel terjatuh atau jatuh ke dalam air, menyebabkan kerusakan pada port USB, termasuk saat mencoba memasukkan charger secara tidak benar hingga konektor USB rusak. Cepat ganti atau perbaiki!

5. Adaptor Kabel Pengisian Bermasalah
Terkadang masalah HP tidak bisa di cas atau pengecasan menjadi lambat, kemungkinan disebabkan adaptor untuk colokan ke stop kontak listrik merupakan masalahnya. Hal ini mengakibatkan adaptor tidak mampu menyediakan daya yang cukup untuk pengecasan baterai. Atau yang paling buruk, mungkin terjadi korsleting di dalam yang bisa menyebabkan ledakan. Oleh karena itu, jika mengganti kabel pengisian dan ternyata tidak kunjung membaik. Cobalah untuk mengganti adaptor, namun disarankan untuk menggunakan yang original dan standar yang sama dengan kabel charging sehingga nanti tidak akan menimbulkan masalah.



6.Ponsel Terlalu Tua
Sesuatu yang lama itu menyakitkan. Ponsel yang lebih tua memiliki teknologi pengisian baterai yang lebih lawas dibandingkan ponsel modern saat ini yang mendukung teknologi fast charging atau pengisian cepat. Seperti orang tua yang berjalan lebih lambat dibandingkan generasi muda. Jadi solusi untuk masalah ini adalah terserah Anda, apakah Anda ingin terus menggunakan perangkat lama atau memiliki yang baru yang lebih cepat, lebih tajam, dan lebih baik dari sebelumnya.

7.Baterai Rusak
Hal lain yang datang dari ponsel lama adalah baterai itu sendiri. Tetapi kerusakan baterai ini tidak selalu disebabkan dan hanya terjadi pada ponsel lawas, karena kadang-kadang penggunaan ponsel yang tidak baik, seperti bermain game sambil mencolokkan cas baterai atau daya baterai telah sedikit berkurang, kemudian cepat-cepat mengisi daya lagi. Perilaku ini dapat menyebabkan baterai lebih cepat rusak. Jika ini terjadi pada ponsel yang lebih tua, maka kondisi baterai memang memburuk, namun hal ini masih menguntungkan, karena penggunanya mungkin masih bisa melepas cover belakang HP, mengeluarkan baterai dan menggantinya dengan mudah. Jika baterai tidak bisa diganti sendiri, maka Anda harus membawanya ke toko atau service center untuk menggantinya dengan yang baru.

8. Sistem Operasi Terlalu Baru
Pernahkah Anda memperbarui sistem operasi ke versi terbaru, namun ponsel Anda bukan lah versi baru? Meskipun sistem operasi baru bisa mengatur dan menghemat energi dengan lebih baik, tetapi kenyataannya ponsel Anda tidak bisa menangani software atau sistem operasi baru. Hal ini bisa mempengaruhi penggunaan daya baterai. Solusinya adalah kembali ke versi sistem operasi yang lebih lama. Atau hindari memperbarui sistem operasi atau software baru sehingga tidak terjadi masalah.

9. Ponsel Digunakan Saat Mengecas Baterai
Kadang-kadang HP tidak bisa di cas atau pengecasan berjalan lambat, hal ini mungkin disebabkan ponsel kita juga digunakan di saat yang sama, yang menghabiskan daya baterai terus-menerus hingga tidak bisa di cas tepat waktu. Seperti mengecas baterai sambil bermain game atau melakukan video call tidak hanya akan menyebabkan baterai lebih cepat rusak, namun juga menyebabkan baterai terisi lebih lambat. Solusi mudahnya adalah mematikan perangkat HP dan mengisi baterai. Atau beralih ke mode pesawat untuk konsumsi daya terkecil sehingga baterai bisa terisi lebih cepat.

Dan ini adalah alasan yang dapat menyebabkan baterai ponsel Anda cepat habis, mengisi daya lebih lambat atau HP tidak bisa di cas. Oleh karena itu, jika Anda menemukan masalah dengan baterai, pertimbangkan penyebabnya dan coba solusi dasarnya terlebih dahulu. Jika tidak benar-benar memaksa, Anda harus mengirimnya ke service center atau toko agar ponsel diperbaiki. Namun harus selalu diingat, setiap tindakan yang berhubungan dengan peralatan listrik, kita harus hati-hati dan melakukannya dengan aman. Seperti yang telah kita lihat dalam berbagai video klip tentang ledakan baterai yang bisa menyebabkan kerusakan tubuh dan kerusakan properti. Oleh karena itu, sebelum melakukan apa pun pastikan keamanannya lebih dulu. Dan jangan lupa untuk menggunakan peralatan yang standar.

0 Comments

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Kunjungan. Silahkan berkomentar sesuka hati anda. Karena komentar anda sangat berarti bagi perkembangan dan kemajuan blog ini.
Please, Do not comment with the link active. Because it will automatically go to spam. Thank's