13 Jenis Aplikasi Teknologi Informasi

Aplikasi Teknologi Informasi sangat terkait dengan aplikasi teknologi komputer dan komunikasi data dalam kehidupan. Hampir semua bidang kehidupan manusia saat ini telah memanfaatkan teknologi komputer.

13 Jenis Aplikasi Teknologi Informasi
pic from : pxhere.com

Berikut beberapa contoh aplikasi teknologi dalam beberapa bidang

1. Aplikasi di bidang Sains
Perkembangan Teknologi Informasi yang pesat telah mampu bagi kita untuk meluncurkan satelit dan dapat mamantaunya dari bumi, sehingga kita bisa mendapatakan informasi-informasi yang dibutuhkan dari foto satelit. Contoh lain dalam bidang sains, kita dapat meramalkan kondisi cuaca untuk besok sehingga kemungkinan seperti bencana banjir dapat diantisipasi sebelumnya. Selain itu, dengan Teknologi Informasi kita dapat memantau status gunung berapi, sehingga dapat memberitahu masyarakat sekitar apa yang harus dilakukan.

2. Aplikasi di bidang teknik/rekayasa
Pembuatan software-software yang terkait dengan perencanaan teknik seperti Auto Cat, Corell Draw, Ms Project, dan lain-lain akan sangat membantu seorang insinyur teknik dalam melaksakan proyeknya.

3. Aplikasi di bidang ekonomi
Dengan memasarkan produknya lewat internet (lebih di kenal dengan e-commerce), produsen dapat menjual tanpa batasan waktu dan tempat sehingga harapannya dapat mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, seperti tokopedia, shopee,bukalapak dan lain-lain.

4. Aplikasi di bidang bisnis
Kemajuan teknologi memungkinkan seseorang untuk dapat memantau kegiatan bisnisnya tanpa harus berada di tempat lokasi bisnis tersebut. Pembicaraan dengan beberapa orang yang berlainan tempat dalam waktu bersamaan dapat dilakukan melalui teleconference.

5. Aplikasi di bidang administrasi umum
Penggunaan Teknologi Informasi di bidang administrasi umum sangat membantu meringankan pekerjaan manusia dibandingkan dengan semula yang dilakukan secara manual, seperti entry (pemasukan) data atau pun pembuatan laporan. Bayangkan, jika bagian akademik tidak menggunakan komputer. Sudah pasti akan banyak kesalahan karena human error. Sehingga pemanfaatan Teknologi Informasi di bidang administrasi umum dapat meminimalisir kesalahan.

6. Aplikasi di bidang perbankan
Pembuatan e-banking dengan standar keamanan yang tinggi membantu nasabah dan pihak bank dalam melakukan transaksi. Nasabah tidak perlu mengantri di depan loket bank yang hanya mebuang waktu dan tenaga, cukup dengan terkoneksi internet, mereka dapat melakukan transaksi yang diinginkan. selain e-banking, ATM merupakan salah satu bentuk aplikasi Teknologi Informasi di bidang perbankan.

7. Aplikasi di bidang pendidikan
Banyak lembaga-lembaga pendidikan yang sudah menerapkan e-learning bagi peserta didiknya dari mulai SMP hingga perguruan tinggi. Selain itu , masyarakat juga dapat mengetahui informasi lembaga-lembaga pendidikan melalui web.

8. Aplikasi di bidang pemerintah
Munculnya e-goverment, selain memberikan informasi seputar daerahnya, masyarakat juga dapat berinteraksi dengan pejabat pemerintah lewat dunia maya. Pengumuman kepada masyarakat juga dapat disampaikan lewat web lembaga pemerintahan terkait.

9. Aplikasi di bidang kesehatan
Beberapa contoh aplikasi bidang kesehatan adalah Sistem Pakar untuk mendiagnosa suatu penyakit, USG untuk melihat perkembangan janin, alat pendeteksi penyakit jantung, dan lain-lain.

10. Aplikasi di bidang industri / manufaktur
Mesin-mesin industri sekarang sudah banyak yang dijalankan secara terkomputerisasi, Sehingga hasil produknya lebih bagus dan lebih terjamin dibandingkan jika dilakukan secara manual.

11. Aplikasi di bidang transportasi
Perkembangan teknologi telah memungkinkan untuk memasang GPS di mobil transportasi, sehingga mempermudah pengemudi dalam menentukan rute menuju tujuan yang diinginkan .

12. Aplikasi di bidang pertahanan keamanan
Beberapa penelitian terus dilakukan untuk membuat aplikasi yang dapat membantu pihak militer dalam bidang pertahana dan keamanan, seperti penggunaan radar yang mendektsi pihak pihak luar  yang masuk ke Indonesia tanpa ijin baik lewat darat, air maupun laut.

13. Aplikasi di bidang permainan
Berbagai game telah banyak bermunculan baik yang online maupun yang tidak online, ada yang 2D ada juga yang 3D. Perkembangannya pun kian hari kian menarik dari segi visual maupun strategi permainannya.

Itu dia beberapa contoh Jenis Aplikasi Teknologi Informasi, Jika ada yang kurang dan ingin ditambahkan, ketik di komentar yah! 

0 Comments

Post a Comment

Terima Kasih Banyak Atas Kunjungan. Silahkan berkomentar sesuka hati anda. Karena komentar anda sangat berarti bagi perkembangan dan kemajuan blog ini.
Please, Do not comment with the link active. Because it will automatically go to spam. Thank's